Blackberry Mengaku Belum Tahu Penyebab BBM Bermasalah

Blackberry Mengaku Belum Tahu Penyebab BBM Bermasalah - Layanan dasar Blackberry, seperti Blackberry Messenger (BBM), browsing, dan social media, mengalami gangguan untuk beberapa pengguna di Indonesia.

Ketika dihubungi oleh KompasTekno, Yolanda Nainggolan, PR Manager Blackberry Indonesia, mengaku sudah mendengar adanya masalah ini.

"Saat ini beberapa pengguna Blackberry di Indonesia mengalami gangguan dalam menggunakan layanan BBM," kata Yolanda via pesan teks, Rabu (3/7/2013).

Namun, pihak Blackberry Indonesia masih belum mengetahui penyebab masalah ini. Mereka berjanji untuk segera melakukan penyelidikan untuk masalah gangguan tersebut.

"Saat ini tim teknis kami sedang melakukan investigasi untuk mengetahui issue yang terjadi. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi," kata Yolanda.

Layanan Blackberry diketahui mulai bermasalah sekitar pukul 11.00. Banyak pengguna BBM yang mulai mengeluhkan gangguan yang dialami melalui linimasa Twitter.  Berselancar di dunia maya juga cukup sulit dilakukan.

Beberapa operator seluler telah mengonfirmasi masalah ini. "Saat ini pihak Blackberry menginfokan sedang terjadi incident yang menyebabkan kendala pada browsing dan aplikasi social media khusus pengguna Blackberry," tulis akun @XLCare.

Informasi tersebut dipertegas oleh Head of Corporate Communications Axis Anita Avianty. Menurut Anita, pihak Axis sudah menerima notifikasi dari Blackberry tentang adanya gangguan pada browsing dan BBM.

"Tetapi gangguan ini hanya terjadi pada pelanggan yang memakai ponsel Blackberry OS. Pengguna Blackberry 10 tidak mengalami gangguan," ungkap Anita.

Peristiwa gangguan pada layanan BBM ini bukan kali pertama terjadi di tahun 2013. Mei lalu, layanan BBM sempat terganggu.

Sementara itu, pada 2012, Kementerian Komunikasi dan Informatika mencatat layanan Blackberry mengalami gangguan sebanyak tiga kali di Indonesia.

Gangguan pertama tahun 2012 terjadi pada layanan e-mail Blackberry di akhir Maret 2012. Kemudian pada 15 Agustus, layanan e-mail Blackberry kembali mengalami gangguan. Ketiga, giliran pesan instan BBM yang terganggu pada 2 Oktober 2012.