Alat Musik Tradisional Indonesia

Alat Musik Tradisional Indonesia - Sungguh sangat aneh kalau rakyat Indonesia tidak mengenal budayanya sendiri, tidak mengenal Alat Musik Tradisional Indonesia. padahal baik di media cetak, media elektronik maupun media internet ada berbagai macam sungguhan tentang budaya yang harusnya kita simak dan pelajari jangan sampai kita menjadi orang asing dinegeri sendiri.



Pada kesempatan ini izinkan saya berbagi sedikit info tentang Alat Musik Tradisional Indonesia yaitu Ketipung dan Karinding, Yuk kita simak baik-baik di bawah ini :

Ketipung

Ketipung adalah salah alat musik tradisional Indonesia yang berbentuk menyerupai Gendang tetapi memiliki ukuran lebih kecil. Ketipung dibuat dari kayu yang dibubut, kemudian kemudian diberi lubang di tengahnya berukuran 20cm hingga 40 cm. Bunyi yang dihasilkan biasanya menghasilkan musik Keroncong, Dangdut, dan Melayu.


Karinding

Karinding merupakan salah satu alat musik tiup tradisional Sunda. Ada beberapa tempat yang biasa membuat karinding, seperti di lingkung Citamiang, Pasirmukti, (Tasikmalaya), Lewo Malangbong, (Garut), dan Cikalongkulon (Cianjur) yang dibuat dari pelepah kawung (enau). Di Limbangan dan Cililin karinding dibujat dari bambu, dan yang menggunakannya adalah para perempuan, dilihat dari bentuknya saperti tusuk biar mudah ditusukan di sanggul rambut. Dann bahan enau kebanyakan dipakai oleh lelaki, bentuknya lebih pendek biar bisa diselipkan dalam wadah rokok. Bentuk karinding ada tiga ruas.

Nah, itulah diatas sedikit info tentang Alat Musik Tradisional Indonesia, semoga bisa memberikan manfaat. jangan lupa juga untuk membaca tari tradisional untuk menambah wawasan anda mengenai budaya bangsa